PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Koordinasi dan sinergi pengelolaan pertanian Gunung Mas




GUNUNG MAS –  BSIP Kalteng melakukan Koordinasi dan sinergi pengelolaan pertanian bersama Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan Kabupaten Gunung Mas pada Rabu, (17/04/2024).

Tujuan dari koordinasi ini menjadi target utama menjadikan jagung sebagai basis di Kabupaten Gunung Mas. Selain itu target lainnya yaitu untuk menjadikan Kabupaten Gunung Mas sebagai sentra jagung yang juga mampu memproduksi benih yang terstandar.

Kepala BSIP Kalteng dalam koordinasi ini menyampaikan nantinya akan mengembangkan perbenihan  jagung varietas Jakarin di lokasi Food Estate Kecamatan Sepang seluas 2-5 ha, varietas ini dipilih karena toleran terhadap kekeringan sehingga dirasa sesuai dengan kondisi lahan yang akan digunakan.

Selain toleran kekeringan jagung Jakarin juga memiliki keunggulan lainnya diantaranya toleran terhadap pemupukan unsur N (Nitrogen) dengan takaran rendah, tahan terhadap bulai, tahan hawar daun dan karat daun serta jagung Jakarin ini dapat di panen pada 100 hst (hari setelah tanam) dan berpotensi menghasilkan 9,8 ton/ha.

Pada kesempatan ini Kepala Balai bersama tim BSIP Kalteng juga mengunjungi lokasi Food Estate jagung yang ada di Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.(MAF)