PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Menteri Pertanian Tinjau Perkembangan FE Jagung di Gunung Mas




GUNUNG MAS - Menteri Pertanian (Andi Amran Sulaiman) bersama Wamenhan (M. Herindra) meninjau program Food Estate Jagung di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Senin (11/12/2023).

Turut hadir secara langsung pada kegiatan tersebut yakni Wagub Kalteng, Bupati beserta Wakil Bupati Gunung Mas, Pangdam XII Tanjungpura dan Kepala BSIP Kementan sebagai penanggung jawab di lapangan serta pejabat eselon 1, 2, dan 3 Kementerian Pertanian.
Mentan mengaku optimistis lahan jagung seluas 600 ha di food estate Gunung Mas dapat ditangani dengan baik terutama melalui kolaborasi yang kuat antara Kementan dan Kemenhan.
Kabupaten Gunung Mas yang menjadi daerah pengembangan pangan skala luas (Food Estate) memiliki lahan marjinal dimana perlu dikelola dengan budidaya dan teknologi yang tepat.
Pertumbuhan tanaman jagung di lokasi FE Gunung Mas, Kecamatan Sepang menunjukan bahwa intervensi inovasi teknologi mampu memperbaiki kualitas lahan dan air, serta memberikan pertumbuhan jagung yang optimal.
Dalam pengembangan Food Estate Gunung Mas ke depan diharapkan adanya sinergi yang baik antar Kementerian/ Lembaga, Perguruan Tinggi, Pemda, Petani, dan Praktisi Pertanian lainnya. Sinergi tersebut dilakukan dari hulu sampai hilir, sehingga Food Estate Gunung Mas ini terwujud sebagai salah satu lumbung pangan nasional.