PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Pembinaan Penyuluh dan Petani dalam Rangka Peningkatan Produksi Padi & Jagung di Kalteng




PALANGKA RAYA - Acara pembinaan penyuluh dan petani wilayah Kalimantan Tengah dalam rangka dukung penyuluh dan petani untuk peningkatan produksi padi & jagung dilaksanakan di lapangan halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Senin (11/12/2023).
Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari kunjungan kerja Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P ke Provinsi Kalimantan Tengah setelah kunjungannya ke Lokasi Pengembangan Pangan Skala Luas (Food Estate) Jagung di Kabupaten Gunung Mas dan melaksanakan tanam padi serentak di Kabupaten Pulang Pisau.
Selain Menteri Pertanian, turut hadir Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Sekda, Kapolda, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian.
Sebagai pembukaan acara, Dedy Nursyamsi Kepala (BPPSDMP) menyampaikan bahwa saat ini kita harus mampu mewujudkan kedaulatan pangan, untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya kerjasama antara masyarakat, petani dan babinsa se-Kalimantan Tengah untuk mendongkrak produktivitas dan produksi pertanian terutama komoditas padi & jagung demi terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia.
Untuk membantu membangun kedaulatan pangan di Indonesia gubernur Kalimantan Tengah menyampaikan adanya kemungkinan kerusakan lingkungan, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang dimana semua pihak pasti mencari solusi untuk meminimalisir adanya dampak kerusakan lingkungan tanpa mengganggu proses berjalannya program untuk mewujudkan kedaulatan pangan.
Menteri Pertanian yakin diantara 5 provinsi penyanggah pangan nasional, Provinsi Kalteng diyakini mampu menjadi penyanggah pangan nasional bahkan kedepannya Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat menyanggah pangan IKN (Ibu Kota Nusantara).