PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

BSIP KALTENG Hadiri Pembukaan PEDA KTNA XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Sukamara




Sukamara - Pemukulan gong yang dilakukan oleh Wagub Kalteng Edy Pratowo menandaikan secara resmi dibukanya acara Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 di Tanam Permata Sukma, Senin (20/11/2023).

Acara ini akan berlangsung selama 5 hari (20 - 24 November 2023) yang diikuti oleh 800 orang peserta dari 14 kontingen kabupaten/kota. Dengan mengusung Tema “Memantapkan Potensi Komoditas Unggulan Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Kalimantan Tengah Semakin Berkah”.
PEDA KTNA dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan, dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, dan berkelanjutan serta meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian KTNA, menguatkan kelembagaan KTNA, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KTNA, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan.
"Kehadiran KTNA di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi harapan kita bersama, tanpa KTNA ketersediaan pangan, ketersediaan bahan bahan pokok mungkin tidak ada. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk saling bertukar informasi, pengalaman dan ilmu antar sesama pelaku utama, pelaku usaha , nelayan dan para penyuluh" ucap Edy Pratowo dalam sambutannya.
Kepala BSIP Kalteng Akhmad Hamdan bersama penyuluh pertanian BSIP Kalteng berkesempatan mengunjungi stand-stand pameran yang ada untuk melihat keunggulan setiap kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.