PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

BSIP Kalteng Sampaikan Bimtek Perbenihan Tanaman Pangan di Desa Kanamit Jaya




 PULANG PISAU - Acara Bimtek Perbenihan Tanaman Pangan oleh BSIP Kalteng di laksanakan di Balai Desa Kanamit Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (07/11/2023).

 

Bimtek dihadiri oleh Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto, S.ST., MH, Sub Koor KPP BSIP Kalteng Umming Sente, S.Pt, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau Harson, Kepala Desa Kanamit Jaya Sumantri, Sekretaris Kecamatan Maliku dan sebanyak 100 peserta bimtek dari kelompok tani yang ada di Desa Kanamit Jaya.

 

Acara dimulai dengan sambutan dari Sub Koor KSPP BSIP Kalteng yang menyampaikan bahwasanya pelaksanaan bimtek perbenihan tanaman pangan ini rencananya akan dilaksanakan secara marathon, dimulai dari Desa Kanamit Jaya pada hari ini dan dilanjutkan di 3 desa lainnya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau yaitu Desa Talio Hulu, Sanggang dan Tahai Jaya pada 8-10 November 2023.

 

Acara bimtek dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan hingga terlaksananya kegiatan bimtek ini. Adanya bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pelaku utama yaitu petani, poktan, gapoktan dalam hal upaya perbenihan tanaman pangan, sehingga diharapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani, poktan dan gapoktan bertambah dan berubah ke arah yang lebih baik, lebih mandiri, maju dan modern.

 

Selanjutnya Kepala Desa Kanamit Jaya berterima kasih karena sudah diadakan kegiatan bimbingan teknis bagi petani di desa kanamit jaya khususnya, semoga kedepannya lebih banyak dilaksanakan kegiatan seperti ini agar petani mendapat tambahan ilmu dan pertanian di Desa Kanamit menjadi lebih maju dalam hal perbenihan tanaman pangan.

 

Adapun materi yang disampaikan pada bimtek ini yaitu teknologi sistem tanam jajar legowo oleh Suparman, SP., MP, produksi benih padi dan pengendalian hama penyakit tanaman (HPT) oleh Sandis Wahyu Prasetiyo, SP., M.Si.