PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

BSIP Kalteng Kembali Laksanakan Kegiatan Layanan Konsultasi Padi (LKP) di Desa Belanti Siam




<!-- x-tinymce/html -->PULANG PISAU - Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang termasuk dalam pelaksanaan kegiatan Rice Crop Management (RCM) oleh International Rice Research Institute (IRRI) bekerja sama Kementerian Pertanian yaitu BSIP Kalteng kembali melaksanakan kegiatan Layanan Konsultasi Padi (LKP) di Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. , Senin, (30 Oktober 2023).
Pada kesempatan ini turut hadir Dr. Melani peneliti IRRI dari Negara Kenya ke lokasi kegiatan LKP Desa Belanti Siam dalam rangka ingin menilai literasi digital, efikasi diri (kepercayaan, akses dan sikap terhadap teknologi, serta persepsi terhadap infrastruktur di daerah penghasil padi/beras di Kalimantan Tengah.
Penilaian ini nantinya akan memberikan titik awal/masuk bagi LKP untuk disebarluaskan dalam cara yang paling sesuai. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan dengan wawancara ke petani dengan kriteria petani sampel harus tinggal di daerah implementasi. Mereka tidak harus memiliki pengetahuan terkait LKP dan tidak harus menjadi petani kooperator dengan usia satu dibawah 25 tahun, satu diantara 25-50 tahun dan satu di atas 50 tahun.
Dari hasil yang diperoleh untuk mendapatkan sebuah gambaran terkait apa yang secara umum disediakan di daerah ini sehubungan dengan teknologi digital, aksesbilitas jaringannya, dll.