PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Ini Kata Mentan untuk Akselerasi Peningkatan Luas Tanam dan Produksi Padi Jagung di 2024




PALANGKA RAYA - Menteri Pertanian indonesia Dr.Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP menyampaikan di tahun 2024 Kementerian Pertanian harus mampu meningkatkan luas tanam dan mampu meningkatkan produksi hingga lima kali lipat hal ini disampaikan dalam sambutannya pada rapat koordinasi yang di gelar secara luring di Jakarta dan daring yang diikuti oleh seluruh UK/UPT lingkup kementan, Senin (29/10/2023).
BSIP Kaltengdalam hal ini Kepala Balai Dr. Akhmad Hamdan,S.Pt., MP, Sub Koor KSPP Umming Sente,S.PT beserta seluruh penyuluh pertanian turut hadir dalam rapat koordinasi secara daring di runag Auditorium Operation Room (AOR) BSIP Kalteng.
Untuk mencapai tujuan Peningkatan Luas Tanam dan Produksi Padi Jagung di 2024 turut disampaikan beberapa strategi guna mencapai tujuan tersebut diantaranya seperti yang disampaikan oleh Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP mengenai lahan rawa tandah hujan, Kepala BSIP tentang rawa rawa yang diperluas dan intens dan Kepala BBPSDMP tentang bagaimana gerakan penyuluhan.
Guna tercapainya peningkatan luas tanam produktifitas dan luas panen dan produktifitas ada sembilan hal yang harus diperhatikan yaitu dengan mempertahankan eksisting, meningkatkan indeks pertanaman, merubah perilaku tani, perluasan areal tanam (PAT), intregrated farming, rawa satu juta hektar, menggunakan benih unggul, ketersediaan pupuk dan penggunaan alsintan.