PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

BSIP Kalteng Terima Kunjungan Kerja Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya




 

PALANGKA RAYA- Dinas Pertanian Murung Raya laksanakan kunker pertamanya ke BSIP Kalteng yang dalam hal ini diterima langsung oleh Kepala Balai beserta seluruh pegawai BSIP Kalimantan Tengah, Rabu (25/10/2023).

 

Maksud dan tujuan kunjungan ini disampaikan oleh Kepala Bina Usahatani dan Pertanian Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya untuk berkoordinasi dan diskusi tentang penyuluhan pertanian serta komoditi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Murung Raya. Seperti disampaikan oleh Kepala Bina Usahatani dan Pertanian bahwasanya Kabupaten Murung Raya terdiri dari 10 kecamatan dan saat ini memiliki 8 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) serta didukung dengan wilayah yang cukup luas. Hal ini tentunya menjadi PR tersendiri bagi para penyuluh untuk memberikan motivasi kepada petani untuk mengambangkan komoditi pangan di wilayah Murung Raya.

 

Kepala Balai mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya berkunjung ke BSIP Kalteng, semoga pertemuan ini nantinya dapat menjadi jembatan bagi kami dan kita bersama untuk membangun pertanian di Kalimantan Tengah Khususnya di Kabupaten Murung Raya.

 

Kepala Balai juga menyampaikan bahwasanya di Kabupaten Murung Raya memiliki potensi untuk mengembangkan tanaman kopi, karena di Murung Raya sendiri sudah ada UMKM yang membudidayakan kopi, akan tetapi masih dalam skala kecil atau hanya untuk konsumsi pribadi.

Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi teman-teman dari Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya bagaimana potensi kopi ini apabila dikembangkan secara luas tentunya bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan pribadi maupun wilayah akan tetapi juga dapat menambah pendapatan bagi petani serta pendapatan daerah, tambahnya.

 

Selain itu Dinas Pertanian dan Perikanan Murung Raya bersama BSIP Kalteng, berkesempatan mengunjungi Agrowisata dan Edukasi Cipta Rasa di Desa Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, untuk menambah wawasan bagi penyuluh pertanian.