PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Ditengah Kondisi Kemarau Panjang (El Nino) BSIP Kalteng Laksanakan Panen Kegiatan Produksi Benih Padi di Desa Pantik




PULANG PISAU – Sebagai Unit Penyedia Benih Sumber, BSIP Kalteng melaksnakan kegiatan produksi benih padi di Desa Pantik, walaupun dalam kondisi El Nino BSIP Kalteng masih bisa panen calon benih padi yang di tanam pada bulan Juli lalu. Panen dilaksanakan di Desa Pantik Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (17/10/2023).  

 

Hasil produksi rata-rata panen padi yaitu 4 ton/ha GKP dengan kadar air padi saat panen berkisar antar 25% - 26%. Adapun padi yang dipanen yaitu varietas Inpari 32 HDB dan Inpari 34 Salin Agritan. Selanjutnya dari hasil panen ini akan dilakukan penjemuran dan prosesing, selanjutnya pengolahan calon benih meliputi pembersihan benih, pemilahan (grading)  dan perlakuan benih. Tujuan pembersihan selain memisahkan benih dari kotoran (tanah, jerami, dan daun padi yang terikut) juga untuk membuang benih hampa hal ini dilakukan untuk menghasilkan benih yang bermutu dan terstandar.

 

Panen padi yang merupakan calon benih, nanti setelah melewati proses pengujian akan menghasilkan benih Inpari 32 HDB dengan kelas benih SS/BP, Inpari 32 HDB dengan kelas benih FS/BD dan Inpari 34 Salin Agritan dengan kelas benih SS/BP.

 

Dari hasil produksi benih padi ini nantinya BSIP kalteng berharap dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan benih padi yang bermutu dan terstandar bagi pelaku utama maupun stakeholder di Kalimantan Tengah.