PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah

BSIP Kalteng Berpartisipasi dalam FGD PNPS




BSIP Kalteng Berpartisipasi dalam FGD PNPS

PALANGKA RAYA-BSIP Kalteng berpartisipasi dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan PNPS (Program Nasional Perumusan SNI) yang diselenggarakan oleh PSI Hortikultura dan diikuti oleh seluruh satker lingkup BSIP Kementerian Pertanian secara online, dan seluruh pegawai BSIP Kalteng di Ruang AOR,Selasa (17/10/2023).
Sebagai pengantar Ka BSIP Penerapan Dr.Ir. Syamsuddin, M.Sc menyampaikan sosialisasi ini perlu diikuti oleh seluruh satker di provinsi agar dapat diketahui secara jelas bagaimana alur dan proses yang harus dilakukan terkait dengan pengusulan SNI.
Perlu diketahui bahwa bahasa pengembangan berbeda antara SNI dengan badan litbang sebelumnya .Pengembangan di BSIP memiliki artian membuat usulan atau rancangan SNI baru terkait suatu produk.
Dengan demikian tugas pokok bagi balai penerapan yang ada di provinsi harus mendapatkan pengawalan yang sangat ketat untuk meminimalisir adanya kesalahan pada output SNI, Oleh sebab itu teman-teman di daerah memiliki persan yang sangat besar terkait identifikasi masalah, BAP, BAST dan sebagainya terkait dengan RSNI nantinya.
Keterkaitan dengan hortikultura yang menjadi permasalahan selama ini begitu banyaknya produk di hortikultura masih banyak yang belum SNI. Hal ini menjadi peluang 02.yang sangat baik untuk teman-teman di daerah untuk mengetahui alur dan prosesnya sehingga identifikasi dapat dihasilkan terkait apa saja yang menjadi kebutuhan untuk di standarkan di wilayah masing-masing dan dapat di SNI-kan.